Labels:

4 Porsi Sayuran dan Buah Segar Tiap Hari Atasi Tekanan Darah Tinggi

Mengonsumsi makanan rendah sodium, rendah gula dan tinggi kalium diketahui efektif menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, ternyata juga ampuh mencegah risiko sekaligus mampu mencegah tekanan darah tinggi.
Menjalankan diet rendah sodium dan rendah gula sangat mudah dilakukan. Hanya cukup mengonsumsi empat hingga lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber alami mikronutrien seperti vitamin, mineral dan serat.
Selain itu juga mengandung potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bahkan beberapa dokterpun merekomendasikan untuk makan tiga porsi gandum dan menghindari makanan yang terbuat dari tepung-tepungan.
Mentega, keju dan krimpun harus diganti dengan produk rendah lemak atau bebas lemak. Ada baiknya utnuk mengonsumsi makanan tinggi protein seperti telur, daging tanpa lemak, seafood juga ikan yang kaya asam lemak omega-3 untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
Seperti yang dilansir TimesofIndia (20/2/2013), para dokter juga menyarankan untuk selalu mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian yang mengandung kolesterol baik.
Untuk minuman yang baik dikonsumsi adalah air kelapa. Minuman lezat dan bernutrisi alami ini terbukti efektif dalam membentu menurunkan tekanan darah. Pasalnya dalam sebuah studi berhasil ditemukan adanya hubungan signifikan konsumsi air kelapa dengan penurunan tekanan darah tinggi.
Karena itu diet rendah sodium, rendah gula dan tinggi kalsium perlu diterapkan jika ingin mencegah tekanan darah tinggi. Diet ini juga bsia dijalankan guna mencegah risikonya.

Sumber

0 comments:

 
Berbagi Cerita © 2012 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters