Labels:

Manfaat Bayam dan Brokoli: Cegah Kanker dan Flek Hitam

Bukan rahasia lagi jika sayur-sayuran yang kaya akan kandungan berbagai vitamin dan mineral sangat bagus utnuk kesehatan tubuh. Tak hanya bagus untuk kesehatan, sayur-sayuran seperti brokoli, bayam dan buncis juga dapat digunakan untuk membantu memudarkan dan melenyapkan vlek hitam di kulit wajah dan juga dapat mencegah Kanker Payudara.

Mengatasi Flek Hitam
Flek hitam yang hinggap di area wajah lazimnya timbul karena dua faktor. Pertama disebabkan oleh faktor yang berasal dari dalam tubuh. Sedangkan yang kedua disebabkan oleh faktor yang berasal dari luar tubuh.
Flek hitam yang timbul karena faktor dari dalam tubuh bisa terjadi karena faktor keturunan (genetik), bertambahnya usia, penggunaan pil KB, suntik KB ataupun karena penggunaan obat-obatan yang memicu peningkatan hormon didalam tubuh. Semua faktor ini akan memicu terjadinya perubahan kulit yang dapat menimbulkan kelainan-kelainan kulit baru seperti timbulnya flek hitam di kulit wajah.
Sementara flek hitam yang timbul karena faktor dari luar tubuh, lazimnya terjadi karena paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet, karena sinar dari layar komputer, pengaruh lampu TL yang terang dan api kompor gas. Tak hanya itu saja, flek hitam pun bisa timbul karena faktor kosmetik yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, hidrokinon dan zat warna. Semua zat berbahaya ini akan bereaksi saat terkena paparan sinar matahari. Reaksi ini menyebabkan terjadinya iritasi sehingga terjadi pengelupasan kulit. Jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus, tentunya kulit yang terus mengelupas ini akan berubah menjadi semakin tipis. Akibatnya, paparan sinar matahari dapat langsung menembus ke dalam lapisan kulit sehingga memicu timbulnya flek hitam di kulit wajah.
Untuk mencegahnya banyak-banyaklah mengkonsumsi sayuran kaya serotonin seperti yang terdapat pada brokoli, bayam dan buncis. Ketiga sayuran tersebut kandungan vitamin C, mineral, air, protein, kolagen dan serotoninnya sangat tinggi. Zat-zat tersebut ternyata memiliki kemampuan untuk merevitalisasi sel kulit yang sudah mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru. Dengan kondisi ini tak berlebihan, jika sayur-sayuran ini bisa digunakan untuk membantu memudarkan dan membantu melenyapkan vlek hitam. Tak hanya itu saja, vitamin dan mineral yang banyak terkandung dalam sayur-sayuran saat akan terserap dan dicerna didalam tubuh, tubuh akan memisahkan vitamin dari energi. Selanjutnya, vitamin ini bekerja untuk menggantikan sel-sel kulit tubuh yang telah mati dan menggantinya dengan sel yang baru. Alhasil, kulit wajah dan tubuh pun akan terlihat lebih cerah, dan flek-flek hitam dikulit wajah pun lama-kelamaan akan memudar dan lenyap.
Untuk melenyapkan dan memudarkan flek hitam, brokoli bisa dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi masker wajah. Meskipun demikian, agar sayuran ini dapat berfungsi maksimal untuk memudarkan dan melenyapkan vlek hitam, maka sebaiknya sayuran ini dikonsumsi. Pasalnya, semua vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya akan terserap secara sempurna saat dikonsumsi ketimbang dioleskan.


Sumber


Mencegah Kanker Payudara
Tingginya angka kematian karena kanker payudara membuat wanita lebih waspada. Penyakit ini bisa dipicu karena makanan. Karenanya mulailah mengonsumsi sayuran dan buah segar yang mengandung nutrisi untuk mencegah munculnya sel kanker payudara.
Selain olahraga teratur, asupan makanan juga berpengaruh untuk kesehatan payudara. Seperti konsumsi sayuran segar. Salah satunya adalah bayam. Si hijau ini dipercaya bisa meminimalisir risiko kanker payudara.
Bayam mengandung folat tinggi yang menunjang kesehatan payudara. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology tahun 2011, wanita yang bangak mengonsumsi makanan tinggi folat seperti bayam memiliki risiko kanker payudara 40% lebih rendah dibanding yang tidak.
Bagaimana dengan brokoli? Si hijau dengan bentuk khas ini mengandung sulforaphane di dalamnya. Sulforaphane merupakan senyawa yang bisa membantu meminimalisir sel-sel kanker pada payudara. Menurut Cheryl L. Rock, Ph.D., R. D., dari University of California dalam Eating Well, sebaiknya sayuran-sayuran ini dimakan segar atau tak terlalu lama dimasak agar kandungan sulforaohane di dalamnya bisa tetap terjaga.
Jenis makanan lain yang diketahui baik untuk kesehatan payudara adalah blueberry. Kandungan pterostilbene nya ampuh menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker. Untuk mencegah kanker payudara, perhatikan juga pola makan. Salah satunya adalah sering makan dalam jumlah berlebihan juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara.



Sumber

0 comments:

 
Berbagi Cerita © 2012 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters