Labels:

Apa Itu Sistem Limfati dan Hubungannya dng Bra Terlalu Ketat?

Hai all... berhubung tugas gw sekarang adalah pencari berita *cieee udah kyk wartawan gw :p heheheh* tp gw nyarinya ga harus kluar2 dan interview langsung sama orang yang bersangkutan, melainkan nyari di 'dunia maya'. nah akhirnya setelah gw 'menjelajah' dunia maya ngalor ngidul, ketemulah gw sama suatu artikel tentang masalah kesehatan (sebenernya bukan berita ini yang gw cari). Artikel ini membahasa soal masalah memakai baju yang menyebabkan kesehatan terganggu. Ada banyak kesalahan dalam fashion (cara berpakaian) yang menyebabkan masalah kesehatan, diantaranya adalah dengan memakai bra yang terlalu ketat. Bra yang terlalu ketat dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti iritasi kulit, infeksi jamur, masalah pernapasan, dan diduga bisa menghambat sistem limfatik. Nah 'limfatik' ini tdk di jelaskan lebih lanjut di artikel yg gw baca itu. (*semua masalah kesehatan krn masalah salah pakai baju gw udah ngerti, mudheng bhw jawanya :p, tinggal masalah limfatik ini yang gw g ngerti... :D maklum bukan lulusan biologi or kedokteran sih :p hehehe)
Alhasil saking penasarannya gw nanya sama 'om Google' yang hampir serba tahu :p dan dptlah gw dari Wikipedia, seperti biasa :D

Berikut keterangan dari Bro Wiki soal apa itu Limfatik.

Sistem limfatik adalah suatu sistem sirkulasi sekunder yang berfungsi mengalirkan limfa atau getah bening di dalam tubuh. Limfa (bukan limpa) berasal dari plasma darah.. yang keluar dari sistem kardiovaskular ke dalam jaringan sekitarnya. Cairan ini kemudian dikumpulkan oleh sistem limfa melalui proses difusi ke dalam kelenjar limfa dan dikembalikan ke dalam sistem sirkulasi Susunan limfe : Mirip plasma, kadar protein lebih kecil, penambahan oleh kelenjar limfe menjadikan kadar limfosit tinggi Komponen sistem yang lain : saluran limfe dan kelenjar limfe (nodus limfe) Bersama organ limpa, hati dan sumsum tulang membentuk Retikulo-Endotelial Sistem (RES).

Fungsi sistem limfe yaitu: 
1. Mengembalikan cairan & protein dari jaringan ke sirkulasi darah 
2. Mengangkut limfosit 
3. Membawa lemak emulsi dari usus 
4. Menyaring & menghancurkan mikroorganisme untuk menghindarkan penyebaran 
5. Menghasilkan zat antibody

Kelenjar / nodus limfe memiliki ciri antara lain berbentuk kecil lonjong seperti kacang, terdapat di sepanjang pembuluh, bekerja sebagai penyaring, banyak dijumpai di tempat pembentuk limfosit, kelompok utama terdapat di : Axila / ketiak, Leher, Thorak, Abdomen, Lipat paha
Pembuluh / saluran limfe berupa vena kecil yang banyak memiliki katup. Pembuluh terkecil terdiri selapis endotelium, khilus / lakteal = pembuluh limfe khusus dijumpai dalam vili usus kecil. Ada 2 saluran utama : Duktus torasikus yang berfungsi mengalirkan dari seluruh tubuh selain bagian kanan dan Duktus limfe kanan yang berfungsi mengalirkan dari kanan kepala dan leher, lengan kanan dan dada kanan.
Limpa • Kelenjar limfe besar • Terletak di sebelah kiri abdomen (hipogastrium kiri ) • Berdekatan fundus gaster, menyentuh diafragma • Fungsi : o membentuk sel darah merah o menghasilkan limfosit o pembongkaran sel darah merah,sel darah putih & trombosit o bagian dari RES.

Serem juga yach ternyata :(
jadi mulai sekarang... berhati-hatilah dalam berpakaian :) 
tampil sexy dan modis boleh, tp jangan sampai melupakan faktor kesehatan juga y ;)

Have a nice shopping all *loh?* 

Sumber: Bro Wikipedia :)

0 comments:

 
Berbagi Cerita © 2012 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters